Apa itu SSL?

Apa itu SSL?

Apa itu SSL?

SSL (Secure Socket Layer) adalah lapisan keamanan yang mampu untuk melindungi setiap transaksi di website Anda dengan teknologi enkripsi data. Untuk melihat website menggunakan SSL atau tidak kita dapat melihatnya dengan tanda https dan muncul tanda padlock (gembok) di address bar browser. Kita dapat melihat jenis SSL, teknologi enkripsi yang dipakai dan siapa identitas pemilik website umumnya akan ada nama perusahaan pemilik daddress bar tersebut.

Apa manfaat SSL?

  1. Rasa percaya pelanggan untuk melakukan transaksi sangatlah penting untuk anda pelaku bisnis online. Dengan SSL tersemat di website anda maka pelanggan akan merasa aman dan percaya terhadap website anda.
  2. Data penting pribadi pelanggan akan terjamin keamanannya hal ini dikarenaka seluruh data transaksi akan terenkripsi seperti data kartu kredit, password, dan lain sebagainya.
  3. Dari segi SEO pengguna SSL/HTTPS akan mendapatkan ranking SEO yang lebih baik dari Google dibanding dengan website yang tidak diproteksi dengan SSL.
  4. Website pengguna SSL/HTTPS dapat menampilkan SSL Secured Seal di website sebagai identitas bahwa website tersebut telah terptoteksi.
  5. (EV SSL) Meningkatkan prestisius perusahaan Anda dengan green bar dan nama perusahaan di address bar browser.
  6. (EV SSL dari Symantec) Mendapatkan layanan free malware scanning dan security vulnerability assessment gratis dari Symantec.

Grade – adalah tingkatan seberapa aman server yang diinstal SSL Certificate (Hal ini merupakan ukuran seberapa aman server anda).

Secured Site Seal – Bagi pengguna Secured Site Seal, itu artinya Anda bisa memasang Secured Site Seal tersebut di website Anda yang diproteksi oleh SSL Certificate yang berkualitas (digunakan untuk melakukan validasi, apakah SSL Certificate Anda benar-benar asli).

Green Address Bar – keistimewaan yang diberikan untuk pemilik website dengan SSL Certificate kelas Extended Validation (EV) di mana di browser akan muncul green bar dengan nama perusahaan/organisasi Anda dalam teks berwarna hijau pada browser, seperti contohnya gambar berikut ini:

Jika anda perhatikan teks berwarna hijau sebelum kode protokol HTTPS.  Teks berwarna hijau itudisebut fitur Green Address Bar, teks yang ditampilkan disana adalah nama perusahaan/organisasi Anda. Sebelum kita mendapatkan Green Address Bar, wajib untuk melalui proses Extended Validation (EV). EV (Extended Validation) – yaitu proses validasi (pengecekan) data-data perusahaan/organisasi yang akan mendapatkan SSL Certificate.  Proses ini mirip sekali dengan proses registrasi domain .co.id, kita perlu melengkapi dokumen perusahaan yang menunjukan identitas perusahaan kita.

Server Gated Cryptography – secara umum, proses enkripsi yang terjadi pada suatu koneksi SSL terjadi dengan menggunakan software.  Dengan Server Gated Cryptography, enkripsi dilakukan via server – ini akan menambah keamanan koneksi hingga beberapa kali lipat.

Guaranteed Express Delivery – jaminan proses setup SSL Certificate yang cepat

FREE Vulnerability Assessment – fitur yang hanya ada pada SSL Certificate yang di-issue oleh Symantec, yakni fitur scanning gratis website Anda terhadap celah-celah keamanan seperti misalnya virus/trojan/malware dll.

Share

Recommended Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *